Kamis, 12 November 2015

3. INSTRUMEN ANALISIS, LINGKUNGAN UMUM

ANALISIS LINGKUNGAN UMUM
  • Sering disebut sebagai Lingkungan Makro
  • Walaupun pengaruhnya tidak secara langsung namun dapat menjadi panduan tentang peluang dalam jangka panjang.

 ELEMEN ANALISIS LINGKUNGAN UMUM

1. Perekonomian
  • Bagus tidaknya perekonomian sebuah negara mempengaruhi daya beli dan permintaan atas produk-produk perusahaan.
  • Berkaitan dengan bagaimana masyarakat suatu bangsa secara umum memproduksi, mendistribusikan dan mengkonsumsi berbagai produk barang dan jasa.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan
  • Upah Tenaga Kerja
  • Tingkat Inflasi
  • Perpajakan
  • Angka Pengangguran

 2. Politik dan Legal
  • Situasi politik, perpolitikan dan masalah legal sangat terkait dengan keberlangsungan perusahaan untuk jangka panjang.
  • Peraturan dan Undang-Undang dibuat oleh DPR/DPRD bersama Pemerintah, dan seringkali terkait dengan kepentingan politik.

3. Lingkungan Alam Sekitar
  • Perusahaan yang terkait langsung dengan sumber daya alam.
  • Misalnya bahan baku produksi tergantung dari sumber daya alam seperti Mebel, Logam, Air Mineral dll.
  • Perusahaan yang tidak terkait secara langsung dengan sumber daya alam.
  • Misalnya perusahaan sekarang diharuskan untuk ramah lingkungan, walaupun bahan baku produksi tidak terkait langsung dengan sumber daya alam.

4. Lingkungan Demografi
  • Segala sesuatu yang berkaitan dengan kependudukan
  • Perubahan komposisi demografi dapat mempengaruhi pola dan tingkah laku dalam membeli produk atau jasa.

5. Lingkungan Teknologi
  • IPTEK berkembang dan dibuat untuk memudahkan kegiatan manusia termasuk dalam memudahkan dalam bekerja.
  • Perkembangan teknologi tidak dapat dibendung dan berkembang sangat cepat, mau tidak mau peruahaan harus dapat menyesuaikan agar tetap dapat bersaing.

6. Sosial Budaya
  • Budaya berasal dari sebuah sistem NILAI (apa yang dianggap baik atau tidak baik) oleh masyarakat di wilayah tertentu.
  • Perusahaan secara langsung adalah bagian dari sebuah sistem sosial dalam masyarakat

Referensi : Manajemen Strategik, Konsep dan Aplikasi; M. Taufiq Amir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar