Kamis, 12 November 2015

4. ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL

LINGKUNGAN EKSTERNAL
Seluruh elemen yang berada di luar perusahaan atau organisasi yang mempunyai pengaruh secara langsung maupun tidak langsung.
Contoh :
Pemasok, pelanggan, pesaing, kreditur, serikat pekerja, pemerintah, komunitas dll.

ANALISIS INDUSTRI
INDUSTRI : perusahaan-perusahaan yang memiliki produk yang relatif sama.
Analisis Industri menggunakan “Analisis Porter” (Michael E. Porter)

1. Ancaman Pelaku Bisnis Baru
Perusahaan baru yang masuk ke dalam sebuah industri
Dampak :
  • Ada kapasitas baru yang bertambah
  • Mengurangi pangsa pasar
  • Permintaan SDM
  • Permintaan bahan baku

Analisa Ancaman
  • Skala Ekonomis. Skala minimal bagi sebuah perusahaan untuk masuk ke dalam sebuah industri.
  • Diferensiasi produk. Hal – hal khusus yang menjadi pembeda dengan perusahaan lain yang diperkirakan dapat lebih menarik pelanggan atau konsumen lama.


2. Ancaman Produk Substitusi
Seringkali sebuah perusahaan harus berhadapan dengan perusahaan lain yang produknya merupakan substitusi dari produk yang sudah ada.
Analisa Ancaman
  • Skala ekonomis. Skala bagi produk baru untuk di produksi.
  • Switching cost. Jika ingin masuk ke dalam industri tersebut perusahaan harus mengeluarkan biaya lebih besar dari bisnisnya yang sekarang.
  • Akses saluran distribusi. Dapatkah produk tersebut masuk melalui saluran distribusi sudah ada dan dikuasai oleh produk sebelumnya.


3. Daya Tawar - Menawar Pembeli
Pembeli dengan daya tawar tinggi dapat menjadi ancaman.
Dapat menuntut atau memaksa perusahaan untuk memenuhi tuntutannya akan produk.
Analisa Ancaman
  • Pembeli membeli dalam jumlah besar
  • Produk yang dibeli adalah standar
  • Switching cost
  • Produk kurang begitu penting bagi pembeli
  • Pembeli memiliki informasi yang lengkap


4. Daya Tawar – Menawar Pemasok
Pemasok memiliki data tawar yang tinggi
Biasanya terjadi pada industri yang jumlah pemasoknya sedikit
Analisa Ancaman
  • Sedikitnya jumlah perusahaan pemasok
  • Industri pembeli bukan pelanggan penting bagi pemasok
  • Produk pasokan merupakan input penting bagi pembeli


5. Tingkat Persaingan dalam Industri
Semakin tinggi intensitas persaingan dalam sebuah industri maka industribtersebut menjadi kurang menarik.
Analisa Ancaman
  • Jumlah pelaku dalam sebuah industri
  • Kekuatan atau pengaruh yang relatif sama
  • Tingkat pertumbuhan industri tersebut
  • Biaya
  • Hambatan tinggi untuk keluar dari industri tersebut



Referensi : Manajemen Strategik, Konsep dan Aplikasi; M. Taufiq Amir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar