Dalam manajemen stratejik pada dasarnya strategi memiliki berbagai
tingkatan. Tingkatan ini ada hubungannya dengan skala atau ruang lingkup yang
ada dalam suatu perusahaan atau organisasi
Strategi Tingkat Korporat
- Strategi yang dibuat pada level korporat
- Level korporat sering juga disebut sebagai Holding Company
- Strategi yang di rumuskan adalah bisnis apa yang akan dilakukan serta bagaimana sumber daya dialokasikan di antara bisnis tersebut.
- Strategi korporasi secara umum melibatkan tujuan jangka panjang yang berhubungan dengan organisasi secara keseluruhan dan investasi keuangan secara langsung.
Strategi Tingkat Bisnis
(Strategy Business Unit=SBU)
- Ditetapkan oleh masing-masing unit bisnis strategi
- Strategi bisnis biasanya diformulasikan oleh manajer tingkat bisnis melalui negosiasi dengan manajer korporasi dan memusatkan kepada bagaimana cara bersaing dalam dunia bisnis yang ada.
- Strategi bisnis harus melalui dan diperoleh sertadi dukung oleh strategi korporasi.
Strategi Tingkat Fungsional
- Mempunyai lingkup yang lebih sempit lagi dibandingkan strategi korporasi dan strategi bisnis.
- Berhubungan dengan fungsi bisnis seperti fungsi produksi, fungsi pemasaran, fungsi SDM, fungsi keuangan, fungsi riset dan pengembangan (R&D).
- Strategi fungsional harus mengarah kepada strategi bisnis dan konsep mereka yang paling utama adalah tergantung kepada hasil jawaban bagaimana cara menerapkannya.
Contoh Perusahaan dengan tingkatan Korporat, Bisnis Unit dan Fungsional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar